Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Sederhana Menghemat Bensin

© Hyundai

Hemat Gas, Hemat Uang

Harga bensin merupakan salah satu faktor yang paling mahal dalam mengemudikan kendaraan. Sayangnya, proyeksi menunjukkan bahwa harga gas akan terus naik di masa depan. Inilah sebabnya mengapa begitu banyak orang tertarik untuk menabung kapan pun mereka bisa. Artikel ini akan memberikan beberapa tips termudah dan paling efektif untuk menghemat bahan bakar. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut. 

Berkendara Lebih Lambat

Tip pertama dan paling efektif untuk menghemat bensin adalah dengan mengemudi lebih lambat. Tentu saja, ini juga merupakan tip yang paling sulit untuk benar-benar dipraktikkan. Bisa jadi sangat menantang untuk memaksa diri Anda mengemudi 5 atau 10 mil per jam lebih lambat dari biasanya. Namun, Anda pasti akan melihat penghematan di pompa. Jika Anda terus mengemudi lebih lambat dan lancar untuk sementara waktu, itu akan menjadi kebiasaan dan Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk menghemat banyak uang untuk bensin.

Pastikan Ban Anda Kencang

Cara lain yang cepat namun efektif untuk meningkatkan penghematan bahan bakar untuk kendaraan Anda adalah dengan memastikan ban Anda dipompa dengan pas. Anda mungkin berpikir bahwa lampu peringatan tekanan ban Anda pasti akan menyala jika ban Anda kempes. Namun, lampu peringatan mungkin tidak akan menyala jika ban Anda hanya sedikit kempes. Meski ban Anda hanya sedikit kempes, hal ini tetap bisa membuat angka penghematan bahan bakar kendaraan Anda turun secara signifikan. Saat Anda mengisi ban Anda, lebih baik memasukkan udara sebanyak yang diizinkan oleh spesifikasi pabrikan. Ban dengan lebih banyak udara di dalamnya umumnya lebih hemat bahan bakar.

Lihat Apakah Kendaraan Anda Memiliki Mode Eco

Banyak kendaraan hari ini datang dengan mode eco. Mode ini mungkin dinamai sesuatu yang berbeda di mobil Anda, tetapi Anda mungkin mengetahui mode mengemudi seperti itu. Mode mengemudi ini dirancang khusus untuk meningkatkan penghematan bahan bakar dan mengurangi emisi dengan menjalankan mesin dengan bahan bakar yang sedikit lebih sedikit. Jika Anda beralih dari mode berkendara normal ke mode berkendara ramah lingkungan, Anda dapat menghemat bensin hingga 10% atau mungkin lebih (tergantung kendaraan Anda). Jika Anda memiliki kendaraan hibrida, menjalankan kendaraan Anda dalam mode listrik saja bila memungkinkan juga akan memungkinkan Anda untuk lebih menghemat bahan bakar.

Dapatkan Perawatan Reguler

Jika Anda mendapatkan perawatan rutin, terutama pada mesin kendaraan Anda, Anda akan melihat bahwa Anda juga mendapatkan penghematan bahan bakar yang baik. Ini karena mesin yang disetel dengan baik dan dirawat dengan baik akan bekerja lebih efisien. Ini berarti bahwa ia akan mampu mengeluarkan tenaga yang sama dengan bahan bakar yang lebih sedikit. Ini hanyalah salah satu dari banyak alasan mengapa Anda harus tetap berpegang pada rencana layanan pabrikan untuk kendaraan Anda. Jika Anda melakukannya, kendaraan Anda akan lebih efisien, lebih halus, lebih bertenaga, dan lebih bersih.

Hindari Mengemudi Dalam Lalu Lintas Berat Jika Memungkinkan

Cara penting lainnya untuk menghemat bensin adalah dengan menghindari lalu lintas yang padat sebanyak mungkin. Jika Anda dapat melakukan tugas kapan saja, cobalah untuk tidak melakukannya pada jam sibuk. Mengemudi di lalu lintas sangat buruk bagi penghematan bahan bakar kendaraan Anda karena mesin harus turun dan berputar berulang kali. Proses ini menghabiskan banyak bahan bakar. Inilah sebabnya mengapa peringkat ekonomi bahan bakar kota untuk berbagai kendaraan selalu lebih rendah daripada peringkat ekonomi bahan bakar jalan raya untuk kendaraan tersebut. Mengemudi dengan lebih sedikit berhenti dan mulai, bahkan jika Anda mengemudi di jalan raya dan bukan di jalan-jalan kota, dapat membantu Anda menghemat bahan bakar dalam jumlah yang signifikan. 

Periksa AC

Jika sistem pendingin udara tidak diatur dengan benar, dapat menghabiskan biaya hingga dua liter bensin per 100 kilometer lebih. Pemeriksaan seperti itu juga berlaku untuk bengkel.

Kurangi Beban Mobil

Semakin sedikit beban pengemudi yang tidak perlu diangkut, semakin banyak yang dapat dihemat. Siapa pun yang menghilangkan 20 kilogram pemberat yang tidak perlu dari mobil modern dapat mengurangi konsumsi bahan bakar sebesar 0,2 liter per 100 kilometer. Jika Anda melepaskan rak atap dan kotak atap sesegera mungkin setelah digunakan, Anda menghindari konsumsi tambahan karena peningkatan hambatan udara.


Kesimpulan

Kebiasaanmu akan Menuai Manfaatnya, jika Anda mengikuti semua tips penghematan gas dalam artikel ini, Anda mungkin melihat peningkatan yang signifikan dalam efisiensi bahan bakar kendaraan Anda. Tentu saja, Anda harus menanamkan kebiasaan positif ini ke dalam rutinitas mengemudi Anda untuk terus melihat efisiensi bahan bakar terbaik untuk kendaraan Anda. Ini mungkin tampak seperti rasa sakit pada awalnya, tetapi itu akan menjadi kebiasaan setelah beberapa saat. Manfaat memiliki bahan bakar yang irit dan lebih ramah lingkungan akan sangat sepadan. Tip ini efektif untuk semua merek dan model mobil, baik yang hemat bahan bakar maupun yang boros bahan bakar. 

2 comments for "7 Cara Sederhana Menghemat Bensin"

  1. Artikel yang bermanfaat, saya paling setuju pada 2 item yaitu penggunaan Ac sama medan lintasan. Dengan menggunakan AC selama perjalanan pengaruh ke bahan bakar juga medan yang turun naik atau jalan buruk.
    Jangan lupa mampir gan: https://pernando413.blogspot.com

    ReplyDelete