Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Cara Merawat Tv Layar Datar Supaya Tidak Mudah Rusak

Tv Lcd Rusak
www.toniirawan.com

10 Cara Merawat Tv Plasma, LCD, LED Supaya Tidak Mudah Rusak

Merawat TV Anda akan menghemat biaya perbaikan dan penggantian suku cadang baru dan yang terpenting, akan memperpanjang umur layar datar Anda. Sering kali, seseorang lupa melakukan hal yang paling sederhana, seperti mematikan TV sebelum tidur atau mengistirahatkannya, bukan menontonnya seharian. 

Jika layar TV Anda mengalami bintik - bintik, garis vertikal, titik-titik kecil, piksel yang sangat terang, memudar, bayangan terdistorsi, atau masalah warna, Anda mungkin dapat menggunakan garansi.

Layar LCD terlalu sensitif terhadap guncangan mekanis dan panas , karena tekanan dapat menekan cairan yang ada di antara pelat yang dapat menyebabkan kerusakan permanen. Panas yang berlebihan dapat mengubah sifat fisik cairan sehingga beberapa bagian layar dapat rusak dan muncul sebagai bintik hitam atau segmen.

Terkadang, voltase pada satu daya Anda tidak terkendali dan ini menimbulkan lonjakan listrik, yang selanjutnya menurunkan sirkuit internal. 

Musuh terbesar dari semua peralatan elektronik adalah debu, yang menciptakan korsleting dan berpotensi merusak layar sehingga tidak bisa diperbaiki. Tetapi elektronik Anda tidak abadi.

Berikut ini adalah 10 tips agar TV LCD, Tv Plasma, Tv LED tidak gampang rusak.

1. Matikan TV Anda secara teratur

Umur pesawat televisi adalah sekitar enam puluh lima ribu jam. Namun, jika Anda melakukan hal lain saat menggunakan TV di latar belakang atau bahkan jika Anda tidur sambil menonton sesuatu, ini secara bertahap cenderung menjadi kebiasaan. Akibatnya, umur pakainya akan berkurang. Dan mungkin setelah dua tahun atau lebih, mungkin perlu diperbaiki. Anda bisa menghindarinya dengan membiasakan diri mematikan TV saat Anda tidak benar-benar membutuhkannya. Atau sekedar mengistirahatkan tv anda sebentar.

2. Gunakan pengatur tegangan atau pelindung lonjakan arus

Anda juga harus waspada terhadap lonjakan tegangan yang parah. Ini sangat merusak barang elektronik Anda. Lonjakan tegangan umumnya terjadi setiap kali ada pemadaman listrik dan ketika daya tiba-tiba kembali. Fluktuasi tegangan juga dapat terjadi meskipun ada satu daya yang terus menerus atau selama badai petir dan kilat. Pengatur tegangan akan menjaga tidak hanya televisi Anda tetapi juga peralatan elektronik lainnya seperti AC, lemari es, mesin cuci dan microwave Anda. Anda juga bisa mendapatkan pelindung lonjakan arus dengan harga yang cukup murah, tidak sebanding dengan anda membeli televisi baru. Lonjakan daya kecil dapat menambah kerusakan nyata seiring waktu.

3. Memastikan kecerahan layar optimal

Menyesuaikan pengaturan kecerahan ke tingkat maksimum setiap saat juga dapat mengurangi masa pakai TV Anda. Tidak disarankan jika Anda ingin layar datar berfungsi dalam waktu lama. Kecerahan yang terlalu tinggi menyebabkan mata tegang, jadi lebih baik menjaga kecerahan pada tingkat yang optimal. Bukan hanya melindungi mata juga televisi anda. 

Menggunakan tingkat kontras tinggi mengurangi masa pakai layar datar Anda. Kualitas gambar pasti akan menurun dalam beberapa tahun karena lebih banyak daya pemrosesan yang digunakan pada tingkat kontras tinggi. Jadi, disarankan untuk memvariasikan tingkat kontras dari waktu ke waktu.

4. TV juga perlu istirahat dan bernafas 

Televisi LCD layar datar Anda membutuhkan ruang yang cukup untuk ventilasi. Umumnya, ini menghasilkan banyak panas karena jumlah listrik yang digunakan. Oleh karena itu, yang terbaik adalah menggunakan TV Anda di ruang terbuka tanpa kelembapan sehingga menjadi dingin dengan sendirinya saat Anda mematikan televisi. Dan bahkan saat Anda menggunakannya, sirkuit internal tidak akan terlalu panas, sehingga meningkatkan masa pakai.

5. Bersihkan TV Anda secara teratur

Dianjurkan agar Anda mendapatkan produk berkualitas baik yang dimaksudkan untuk membersihkan TV Anda. Terkadang, debu menumpuk di layar, memengaruhi jarak pandang. Jangan pernah menggunakan air untuk membersihkan layar. Pembersih listrik anti statis harus dimiliki supaya aman.

6. Jauhkan dari Debu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, debu merusak kesehatan TV Anda. Dan itu tidak hanya dapat menetap di layar Anda tetapi juga di bagian dalam set layar datar Anda. Ini dapat menyebabkan TV Anda merespons dengan lambat. Anda dapat menggunakan pompa vakum elektronik yang ditujukan untuk barang elektronik rumah tangga.

7. Menghindari suhu rendah

Suhu dingin menciptakan kondensasi dan dapat meresap ke bagian penting lainnya di dalam TV Anda. Karena itu, disarankan untuk tidak menyalakan televisi Anda dalam suhu sangat dingin.

8. Jangan pernah menaikkan Volume terlalu tinggi

Dengan menaikkan volume dan menjulurkan leher Anda untuk mendengar dialog berisik. TV menjadi lebih tipis dan lebih ramping dan begitu juga dengan speakernya. Pada titik ini, hampir semua speaker tidak dirancang untuk menghasilkan suara yang luar biasa. Jadikan hidup Anda jauh lebih baik dengan solusi murah: soundbar. Atau, jika Anda ingin menghabiskan uang anda bisa membeli televisi baru.

9. Perhatikan detail pemasangan

Salah satu manfaat terbesar dari TV layar datar adalah ruang yang Anda hemat dengan memasang TV di dinding. Tapi, memasang TV dengan benar membutuhkan perhatian yang sangat cermat terhadap detail dan pemahaman yang baik tentang bagaimana struktur dinding Anda. Hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah berpura-pura percaya diri padahal Anda belum pernah melakukannya. Jadi, pilih penempatan TV Anda dengan hati-hati, temukan sudut terbaiknya.

10. Jangan biarkan kabel berantakan

Tidak ada yang kurang menarik daripada duduk untuk menonton layar TV Anda yang jernih dan tajam hanya untuk terganggu oleh kabel yang berantakan. Mungkin stres untuk mengurai dan mengatur kabel dan kabel tersebut tetapi bahkan lebih stres lagi untuk melihatnya setiap saat. Memasang kabel TV dengan benar adalah langkah pertama yang penting dan kemudian menyembunyikan kabel yang jelek adalah langkah kedua yang penting. Cobalah memeriksa ke dudukan TV Anda dan memperbaikinya.


Tidaklah sebanding melakukan sedikit perawatan terhadap televisi anda dibandingkan membeli televisi baru setiap tahunnya.

Menerapkan metode pembersihan ini secara teratur pada akhirnya akan membantu menjamin umur panjang dan fungsionalitas perangkat Anda.

Post a Comment for "10 Cara Merawat Tv Layar Datar Supaya Tidak Mudah Rusak"